CARI PTK DISINI

Sabtu, 29 Oktober 2011

EFEKTIFITAS MODEL PENCATATAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII A DI MTS ( PTK 28 )

EFEKTIFITAS MODEL PENCATATAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII A DI MTS ( PTK 28 )

Secara sederhana, pendidikan dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai agama, norma masyarakat, dan kebudayaannya. Dari sini dapat kita pahami bahwa sesederhana apapun peradaban suatu masyarakat, didalamnya pasti berlangsung proses pendidikan, karena pada hakekatnya pendidikan adalah usaha manusia untuk melestarikan hidupnya. Demikian pentingnya arti pendidikan bagi manusia sehingga banyak ahli yang melakukan berbagai upaya demi kemajuan pendidikan.

Akan tetapi, keberhasilan pendidikan tidak bisa dicapai tanpa adanya kerjasama yang baik antara siswa, guru dan lingkungan. Seringkali kita lihat para siswa yang enggan belajar mata pelajaran yang lain. Banyak pula para siswa yang menganggap bidang studi tertentu sebagai momok dalam hidupnya.

Kondisi seperti hal ini akan sangat merugikan diri pribadi siswa tersebut, karena dalam menghadapi bidang study yang menjadi momok baginya di sekolah adalah suatu keterpaksaan, sedangkan di rumah bisa jadi siswa tersebut sama sekali enggan untuk mempelajarinya. Sebagai contoh adalah mata pelajaran fiqh yang seringkali menjadi satu “ketakutan” tersendiri bagi para siswa.

Diantara pengetahuan-pengetahuan yang perlu dikuasai oleh seorang guru adalah pengetahuan model, metode, dan strategi belajar mengajar dalam suasana yang berbeda. Dimanapun proses belajar mengajar berlangsung, alasan utama kehadiran seorang guru adalah membantu siswa untuk dapat belajar dengan sebaik-baiknya. Bagaimana bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar bahkan untuk mengulangnya di rumah. Karenanya, seorang guru diharapkan dapat memahami benar seluk beluk mengajar, baik dalam arti individu maupun klasikal.

Sekolah merupakan lembaga pelayanan jasa. Ibaratnya sebuah pabrik yang hasil produksinya bisa menarik masyarakat dan mempunyai daya beli. Untuk itu, diperlukan usaha dalam rangka mengemas pendidikan sedemikian rupa sehingga dapat menarik animo masyarakat. Dalam mewujudkan usaha tersebut, tingkat profesionalitas guru, pengadaan sarana prasarana dan media pendidikan mutlak diperlukan.

Untuk menciptakan kondisi belajar yang baik, aktif, kreatif, dan efektif dapat dilakukan dengan memaksimalkan pemanfaatan berbagai sarana penunjang seperti perpustakaan, alat peraga, laboratorium, lingkungan, budaya, masyarakat, dan nara sumber.

Berdasarkan kenyataan sebagaimana telah dipaparkan diatas, maka direncanakan adanya penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan pelaksanaan pendidikan dengan judul Efektifitas Model Pencatatan Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa Kelas VIII A-B

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Posting Komentar