CARI PTK DISINI

Sabtu, 29 Oktober 2011

PENGGUNAAN METODE DISKUSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL DI SMP ( PTK 114

PENGGUNAAN METODE DISKUSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL DI SMP ( PTK 114

Penggunaan Metode Diskusi Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Geografi Siswa Kelas VII Semester Ganjil di SMP Negeri 3 Blitar. Dalam pembelajaran IPS Geografi kelas VII jarang dijumpai siswa mau bertanya. Prosentase siswa bertanya sangat rendah, padahal pembelajaran geografi sangat membutuhkan metode dan tehnik pendekatan yang variatif sesuai karakteristik materi geografi itu sendiri. Jika pengajar geografi kurang menguasai metode pembelajarn maka kualitas kegiatan belajar mengajar menjadi rendah, sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Untuk menghadapi berbagai macam kemajuan di bidang pendidikan, salah satu yang diupayakan adalah mengenai metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan pesan materi pada siswa-siswanya.

Pengajaran IPS Geografi di SMP Negeri 3 Blitar perlu terus diupayakan peningkatan dan pembinaannya secara kontinu, sehingga apa yang sudah baik untuk dipertahankan dan ditingkatkan lagi secara professional, agar mampu menghadapi tantangan-tantangan dalam bidang pendidikan yang sangat berpengaruh terhadap kreatifitas belajar siswa.

Metode adalah cara untuk mempermudah penyampaian pesan materi pelajaran kepada siswa dalam rangkat untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan menggunakan metode diskusi ada peningkatan kreatifitas belajar siswa baik bertanya maupun siswa menjawab. Siswa mampu menguasai konsep-konsep materi pelajaran secara lebih baik, dapat perangsang aktif dalam kerja kelompok untuk menyelesaikan tugas-tugas. Penerapan metode diskusi secara optimal ternyata dapat meningkatkan minat siswa untuk bertanya dan menjawab. Dalam penelitian metode ini menunjukkan hasil cukup signifikan dalam pemecahan masalah tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar