CARI PTK DISINI

Senin, 31 Oktober 2011

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONFERENCE WRITING ( PTK 164 )

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONFERENCE WRITING ( PTK 164 )

Pembelajaran menulis cerpen terdapat dalam pembelajaran kelas VII semester I. Pembelajaran menulis masih belum banyak mendapat perhatian dari guru. Siswapun masih kurang terbiasa untuk menulis, apalagi menulis cerpen.

Hal ini perlu didefinisikan bahwa kemampuan siswa menulis cerpen masih relatif rendah, indikatornya sebagai berikut : (a) Siswa kesulitan menemukan ide / tema, (b) Kesulitan menambah kalimat pertama untuk memulai menulis dan (c) Siswa sering menulis kalimat kurang padu. Sehingga dapat dirumuskan : Bagaimana metode conference writing dapat membantu siswa menemukan ide / tema. Membantu menemukan kalimat pertama mengawali menulis, dan membantu menggunakan kalimat yang padu dalam menulis cerpen. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen yang berdasarkan pada refleksi kehidupan sehari-hari dengan metode conference writing, khususnya pembelajaran menulis cerpen di lingkungan di SMP Negeri siswa kelas VII semester I. Penelitian ini di rancang secara kualitatif untuk mendapatkan keakuratan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan.

Skor hasil menulis cerpen menggunakan metode conference writing (menulis bersama) dikelompokkan menjadi tiga penilaian , selanjutnya akan dihitung berdasarkan nilai rata-rata atau mean dari skor perolehan siswa tersebut.

Simpulan penelitian ini adalah kemampuan menulis cerpen dengan metode conference writing siswa kelas VII SMP Negeri 2 Candi mengalami peningkatan. Sebelum menggunakan metode conference writingdikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 6,90. Sedangkan setelah diadakan peningkatan dengan metode conference writing (menulis bersama) hasilnya meningkat menjadi 7,69 dan putaran ketiga meningkat menjadi 8,46.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan bahwa semua guru diharapkan memberikan pelayanan, motivasi dan mencari kelemahan-kelemahan siswa serta memecahkannya sehingga prestasi siswa akan lebih baik. dan akan mendapatkan metode-metode baru yang berguna untuk meningkatkan prestasi siswa, sehingga perkembangan pendidikan ke depan akan lebih baik.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

4 komentar:

ptk mengatakan...

Sangat membantu tambah wawasan trim

ulbricheader mengatakan...

Nier Titanium Alloy Barbers - Stainless Steel - iTanium
Stainless Steel mens titanium watches Steel barbers men\'s titanium wedding bands of stainless steel with a polished finish. With a blade gap, it titanium gravel bike gives you titanium engine block more of a titanium sia shine.

tisetee mengatakan...

g880k9sborj465 cheap sex toys,male sex toys,wholesale sex toys,dildos,wolf dildo,realistic sex dolls,sex chair,glass dildos,dog dildo v693u1rmbjh830

shenetee mengatakan...

gy226 cheap jerseys,Cheap Jerseys china,cheap jerseys,Cheap Jerseys free shipping,nfl jerseys,Cheap Jerseys free shipping,Cheap Jerseys from china,nfl shop,wholesale jerseys ep435

Posting Komentar