CARI PTK DISINI

Sabtu, 29 Oktober 2011

IMPLEMENTASI MODEL PRAKTIK BELAJAR KEWARGANEGARAAN DAN PENINGKATAN PENGUASAAN LIFE SKILLS SISWA PADA SMP NEGERI ( PTK 89 )

IMPLEMENTASI MODEL PRAKTIK BELAJAR KEWARGANEGARAAN DAN PENINGKATAN PENGUASAAN LIFE SKILLS SISWA PADA SMP NEGERI ( PTK 89 )

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas kecakapan hidup (life skills) dalam pembelajaran PKn pada siswa SMP NEGERI 1 BERASTAGI melalui penerapan model praktik belajar kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK yang melibatkan kolaborasi antara dosen jurusan PPKN, guru PKn dan siswa SMP NEGERI 1 BERASTAGI. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Pengumpulan dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik yang biasa diterapkan dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PKn dapat melaksanakan pembelajaran PKn yang menggunakan model praktik belajar kewarganegaraan ini dengan cukup baik. Akan tetapi, implementasi model ini dalam dua siklus tindakan belum dapat meningkatkan kapabilitas kecakapan hidup (life skills) dengan baik dalam aspek-aspek kecakapan personal, sosial, intelektual, dan akademis. Hal ini disebabkan, antara lain oleh: rendahnya kemampuan awal siswa, siswa masih merasa mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan model praktik belajar ini, dan waktu belajar yang relatif singkat.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Posting Komentar