CARI PTK DISINI

Sabtu, 29 Oktober 2011

PENGARUH PEMBELAJARAN LISTRIK STATIS DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI ( PTK 97 )

PENGARUH PEMBELAJARAN LISTRIK STATIS DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI ( PTK 97 )

Belajar mengajar atau proses pembelajaran merupakan dua proses yang saling berkaitan. Dalam proses belajar mengajar, guru menyampaikan suatu materi pelajaran yang disesuaikan dengan tujuan pengajaran yang dikehendaki. Sementara peserta didik berkewajiban mempelajari materi pelajaran tersebut dengan maksud agar terjadi transfer pengetahuan dalam proses belajar. Kemampuan seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran, ditentukan oleh kemampuan teoritis dan kemampuan pemilihan pendekatan, metode ataupun media. Kemampuan teoritis adalah kemampuan seorang guru dalam menguasai materi pelajaran disiplin ilmunya. Kemampuan menyampaikan materi pelajaran meliputi gaya dalam berbicara atau berdiri di depan kelas. Pemilihan metode, penggunaan media, penyusunan konsep sehingga siswa mudah memahami dalam menanamkan konsep pada dirinya. Metode mengajar mempunyai peranan dalam membangkitkan minat dan motivasi siswa terhadap mata pelajaran yang diberikan. Salah satu program untuk mengembangkan metode mengajar di sekolah dasar atau menengah yaitu menekankan pada keterkaitan siswa pada proses belajar yang aktif.

Pendekatan dalam proses belajar-mengajar pada dasarnya adalah melakukan proses belajar yang menekankan pada proses untuk memperoleh suatu konsep. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam upaya peningkatan proses belajar-mengajar yang aktif dan kreatif adalah pendekatan keterampilan proses. Pendekatan keterampilan proses adalah suatu pendekatan yang sesuai dengan karakter IPA khususnya fisika. Keterampilan proses mempunyai komponen mengamati (observasi), menggolongkan (klasifikasi), menafsirkan (menginterpretasi), meramalkan (memprediksi), menerapkan, merencanakan penelitian, mengkomunikasikan, yang secara konseptual mempunyai ciri sebagai berikut:

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Posting Komentar