CARI PTK DISINI

Sabtu, 29 Oktober 2011

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA BIDANG STUDY AL – QUR`AN DENGAN METODE QUR`ANI DI MI ( PTK 111 )

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA BIDANG STUDY AL – QUR`AN DENGAN METODE QUR`ANI DI MI ( PTK 111 )

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan berkaitan dengan permasalahan : ”Bagaimana meningkatkan minat belajar siswa melalui Metode Qur`ani

Dilakukannya penelitian ini diamksudkan untuk membuktikan pengaruh Metode Qur`ani terhadap minat belajar siswa kelas IV MI ” At - Taqwa Sumobito Jombang. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi guru yaitu guru diharapkan dapat memahami metode Qur`ani secara optimal. Sementara bagi siswa yaitu sebagai alternatif yang tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa. Kemudian bagi sekolah akan memberikan sumbangan yang baik serta nilai tambah bagi sekolah dalam upaya peningkatan profesionalisme guru dan prestasi belajar siswa.

Untuk terarahnya penelitian ini maka ditetapkan hipotesis tindakan yakni : ” Dengan mengoptimalkan Metode Qur`ani dapat meningkatkan minat belajar siswa.”

Sebagai tindak lanjut pelaksanaan penelitian ini adalah mengumpulkan data melalui observasi, evaluasi, dan pemberian angket pada siswa. Data tersebut dikumpulkan dan dibahas untuk membuktikan hipotesis. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus agar hasil yang diperoleh dapat memuaskan.

Bertitik tolak pada pembahasan data, maka ditarik kesimpulan bahwa minat belajar siswa akan meningkat bila penyajian materi pelajaran Al Qur`an dilaksanakan dengan memaksimalkan penggunaan metode Qur`ani.

0 komentar:

Posting Komentar