CARI PTK DISINI

Senin, 31 Oktober 2011

PENERAPAN METODE BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP SISWA KELAS VI YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA DI MI ( PTK 137 )

PENERAPAN METODE BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP SISWA KELAS VI YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA DI MI ( PTK 137 )

Belajar merupakan inti dari kegiatan sekolah. Hampir dalam setiap kegiatan pembelajaran, guru dihadapkan pada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dalam hal ini guru mempunyai kewajiban untuk membantu mengatasi dengan cara memberikan bimbingan yang sesuai dengan kesulitan yang dialami oleh siswa.

Bimbingan berupa bantuan belajar yang diberikan secara khusus sehingga siswa yang mengalami kesulitan dapat mencapai hasil yang optimal.

Dalam pembelajaran dikelas, guru sangat sering menjumpai beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar, khususnya belajar bahasa. Pada umumnya kesulitan yang dialami siswa itu berkaitan dengan aspek penggunaan dan pemahaman bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, lisan maupun tertulis. Sebagaimana diketahui, bahwa bahasa menduduki peranan yang sangat penting dalam lingkungan komunikasi. Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi, karena dengan bahasa manusia dapat menyampaikan perasaan, keinginan, harapan, kepada semua manusia (Poerwadarminta, 1984). Dari kutipan tersebut kita dapat menyampaikan keinginan secara lisan maupun tertulis. Kalaupun kita memilih dialog secara tertulis, ditekankan pada si penulis harus mampu menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.

Dalam kehidupan sehari-hari, jenis kegiatan yang paling banyak dilaksanakan oleh umat manusia adalah berbicara, mendengar, membaca dan menulis. Bukankah bila anda diam (berpikir, merenung, mengingat-ingat) itu sebenarnya membaca juga? (Samsuri, 1971 : 3).

Pentingnya bahasa tidak dapat dibuktikan dengan banyaknya pemakaian bahasa dalam kehidupan sehari-hari, tetapi yang lebih luas lagi ialah bahasa menunjukkan bangsa. Didalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas tinggi di SD, yaitu kelas 3 sampai kelas 6, suatu ketrampilan berbahasa yang selalu dilatihkan ialah membaca.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Posting Komentar