CARI PTK DISINI

Sabtu, 29 Oktober 2011

MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DENGAN BENDA-BENDA MANIPULATIF MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DI KELAS II SDN ( PTK 107 )

MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DENGAN BENDA-BENDA MANIPULATIF MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DI KELAS II SDN ( PTK 107 )

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa dengan menggunakan pendekatan realistik. Subjek yang dikenai tindakan ialah siswa kelas II SDN Griya Bumi Antapani 13-2 Kecamatan Antapani Kota Bandung. Penelitianini diawali dengan pemberian pretes kepada siswa bertujuan untuk mempeoleh gambaran awal proses pembelajaran matematika, sikap dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan pengerjaan hitung perkalian. Hasil yang diperoleh malalui pemberian pretes kepada siswa telah menunjukkan bahwa perlu diadakan berbagaiperbaikan atau revisi. Perbaikan yang ditempuh dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus tindakan. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Angket dugunakan untuk mengukur dan mengetahui sikap siswa, proses pembelajaran dan pendapat siswa terhadap pembelajaran matematika, observasi digunakan untuk mengetahui sikap, interaksi dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran,sedangkan hasil tes dugunakan untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa dalam menyelesaikan soal serta keberagaman jawaban siswa dari soal yang diberikan.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa dengan menggunakan pendekatan realistik. Hal itu dapat terlihat dengan terciptanya suasana yang aktif dan kodusif pada saat pembelajaran. Pemberian soal kontekstual,menjadi bahan yang dapat menimbulkan interaksi dan dapat memperkaya pengetahuan matematika siswa.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan minat siswa terhadap pelajaran matematika. Pendekatan realistik yang dilakukan membuat siswa menyukai pelajaran matematika sehingga hal itu mampu mengikis anggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dimengerti dan dipahami.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Posting Komentar