CARI PTK DISINI

Senin, 31 Oktober 2011

IMPLEMENTASI METODE THE STUDENT GROUP DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IX SMP

IMPLEMENTASI METODE THE STUDENT GROUP DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS IX SMP ( PTK 132 )


Mata pelajaran pendidikan agama Islam adalah merupakan salah satu mata pelajaran yang didalamnya mencakup pelajaran memahami, menghayati dan juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi dalam kenyataan yang ada di lapangan mata pelajaran pendidikan agama islam dewasa ini mutunya masih rendah karena belum mencapai tarjet yang diingingkan secara memadai. Hal ini disebapkan karena kesulitan siswa dan juga memahami materi yang sukar diterima. Selain itu metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar masih terpaku pada buku-buku pelajaran.

Pada hakekatnya guru sering menggunakan satu metode dalam pengajaran, sehingga mengakibatkan proses belajar anak hanya bersifat harfiyah saja. Sedangkan untuk meningkatkan mutu pelajaran pendidikan agama silam banyakhal yang perlu dipertimbangkan diantaranya yaitu dalam hal penyampaian materi dari sumber pesan melalui metode tertentu merupakan kebijakan penerima pesan atau siswa. Sedangkan metode yang digunakan di sekolah masih kurang dapat menciptakan suasana yang kondusif, hal ini dapat menyebapkan siswa secara mentalis menganggap bahwa pendidikan agama islam sebagai mata pelajaran yang sukar dipahami sehingga siswa kurang bergairah dalam belajar.

Untuk itu perlu ditepakan suatu cara alternative guna mempelajari pendidikan agama islam yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga mendorong siswa untuk mengembangkan potensi dan juga kreatifitas. Salah satu alternative yang bisa dikembangkan adalah dengan penerapan metode The student group

Masalah belajar pada hakekatnya adalah proses kearah terbentuknya tingkah laku yang baru. Perbuatan belajar dilakukan manusia sepanjang hidupnya secara terus menerus dan dilakukan berulang-ulang, sehingga terbentuklah kebiasaan belajar, melalui belajar manusia berusaha mengaktualkan potensi dirinya dab juga lingkungan secara optimal.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Posting Komentar