CARI PTK DISINI

Sabtu, 29 Oktober 2011

VARIASI METODE KUMON DAPAT MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN PERKALIAN SISWA TUNAGRAHITA ( PTK 117 )

VARIASI METODE KUMON DAPAT MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN PERKALIAN SISWA TUNAGRAHITA ( PTK 117 )

Perkalian menurut Ig Sumarno dan Sukahar (1997 : 44) adalah “penjumlahan Berulang”. Perkalian mendasari beberapa konsep matematika lain. Perkalian dibutuhkan untuk memecahkan persoalan berhitung dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan perkalian bagi siswa berkebutuhan khusus di kelas I SMPLB Tunagrahita perlu dioptimalkan mengingat hampir semua bahan pelajaran matematika di kelas ini menggunakan dasar perkalian.

Perkalian merupakan basic skill, penguasaanya sangat diperlukan untuk bekal meniti kehidupan di masyarakat. Hampir setiap saat pada kehidupan sehari-hari siswa dihadapkan pada persoalan yang berkaitan dengan perkalian. Pada anak normal, konsep perkalian umumnya dikuasai di kelas III SD, tetapi akibat segala keterbatasan siswa berkebutuhan khusus di kelas I SMPLB Tunagrahita Ringan Kemala Bhayangkari 2 Gresik, konsep ini belum sepenuhnya dikuasai sehingga menghambat penguasaan konsep matematika selanjutnya.

Berdasarkan hasil pengamatan dan hasil ulangan harian selama tengah semester I tahun 2005 hasil belajar matematika siswa kelas I SMPLB Tunagrahita Ringan kurang memuaskan. 75% nilai ulangan harian tentang perkalian mereka masih kurang dari 6. peneliti merasa prihatin, sebab jika dibiarkan, masalah ini akan berkelanjutan pada konsep lain yang menggunakan dasar perkalian misalnya Pembagian, Kelipatan Persekutuan Terkecil, Faktor Persekutuan Terbesar Penyederhanaan Pecahan, Konversi Pecahan, Soal Cerita Perkalian dan lain-lain.

Akibat keterbatasan kemampuan siswa Tunagrahita mampu didik dalam memahami pelajaran, mereka membutuhkan media dan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Sehingga pemahaman mereka menjadi lebih mudah. Varian kemampuan masing-masing siswa yang berbeda membutuhkan layanan secara individu sehingga dapat berkembang optimal. Pemahaman yang lambat memerlukan pentahapan bahan pelajaran yang detail dan latihan yang berulang-ulang sedangkan keterampilan sosial dan penanaman budipekerti memerlukan kegiatan bersama dengan teman

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Posting Komentar