CARI PTK DISINI

Sabtu, 29 Oktober 2011

MENINGKATKAN KETAHANAN PRIBADI SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( PTK 76 )

MENINGKATKAN KETAHANAN PRIBADI SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( PTK 76 )

Dari hasil angket dan pengamatan siswa kelas VII-A terdapat banyak siswa yang ketahanan pribadinya dalam belajar matematika masih rendah. Melalui pembelajaran kooperatif diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Dari siklus ke siklus menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan senantiasa meningkatkan kualitas pelaksanaan belajar kelompok.

Setelah penelitian berlangsung selama tiga siklus dapat disimpulkan bahwa : 1) Pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan ketahanan pribadi siswa SMP Negeri 2 Sedati dalam belajar matematika, 2) ketahanan pribadi siswa meningkat dengan indikator 63% siswa berani bertanya, 60% siswa berani berpendapat, 83% siswa berani memulai pekerjaan dan kebiasaan mencontoh kuis pekerjaan teman baru mencapai 57,5%.

Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi pendorong bagi guru-guru untuk mengikuti kegiatan ini dan mengajak guru yang lain untuk melaksanakan penelitian tindakan dengan tema yang lain dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK


0 komentar:

Posting Komentar