CARI PTK DISINI

Memuat...

Sabtu, 29 Oktober 2011

PENGGUNAAN SELINGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 2 ( PTK 54 )

PENGGUNAAN SELINGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 2 ( PTK 54 )

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung dimana guru menyampaikan materi mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan monoton yang pastinya akan membuat siswa menjadi jenuh dan tidak berminat mengikuti pembelajaran yang berlangsung.

Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Seliangan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD N 2 Ketro Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan penggunaan selingan dalam pembelajaran pada siswa kelas V SD N 2 KETRO Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Pada siklus I direncanakan 2 kali pertemuan, dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan skor hasil belajar siswa dalam bentuk tes diakhir pembelajaran.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar dan semua siswa sudah mengalami kentuntasan yaitu nilainya diatas KKM yaitu ( ≥60 ).

Bagi siswa yang belum dapat memahami materi dengan metode caramah dapat menggunakan seliangan dalam pembelajaran karena melalui penggunaan seliangan dalam pembelajaran siswa akan merasa terhibur dan minatnya akan tumbuh untuk mengikuti pembelajaran yang disamoaikan guru.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Poskan Komentar