CARI PTK DISINI

Memuat...

Sabtu, 29 Oktober 2011

PEMBUATAN GAMBAR DARI KERTAS BEKAS DENGAN TEKNIK KOLASE DI KELAS VIISMP NEGERI ( PTK 101 )

PEMBUATAN GAMBAR DARI KERTAS BEKAS DENGAN TEKNIK KOLASE DI KELAS VIISMP NEGERI ( PTK 101 )

Pendidikan selalu mendorong dan menciptakan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai baru dalam masyarakat. Setiap individu dituntut untuk mampu berkarya, menciptakan lapangan kerja guna menyongsong hari depan yang lebih baik. Untuk itu diperlukan suatu keahlian khusus yang dapat diperoleh melalui pembelajaran, salah satunya adalah melalui pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan yang dapat diperoleh pada jenjang pendidikan.

Pada dasarnya semua kedudukan mata pelajaran di Sekolah Dasar itu sama pentingnya. Sebagai sarana pendidikan, pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan mempunyai banyak peranan terutama bagi tingkat perkembangan usia peserta didik Sekolah Dasar seperti tercantum dalam KTSP 2006 yaitu: “(a) Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan. (b) Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan. (c) Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan.(d) Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional maupun global”.

Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan berbagai upaya terarah yang berkelanjutan. Oleh karena itu, dalam hal ini guru mempunyai peranan yang sangat penting agar terciptanya peserta didik yang kreatif dan produktif dalam keterampilan di bidang tertentu. Melalui pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan setiap peserta didik Sekolah Dasar dibekali dengan beberapa pengetahuan yang dapat membangkitkan daya kreativitas sehingga dapat menghasilkan berbagai karya seni yang kreatif pula. Menurut Sumanto (2006:9) menyatakan bahwa: “Kreativitas berkarya diartikan sebagai kemampuan menemukan, menciptakan, mambuat, merancang dan memadukan suatu gagasan baru maupun lama menjadi kombinasi baru dengan didukung kemampuan terampil yang dimilikinya.

Berdasarkan pendapat di atas dapat diketahui bahwa kreativitas merupakan bentuk keterampilan yang dapat dilahirkan atau diwujudkan pada suatu bentuk hasil pemikiran berupa kreasi. Dengan hasil karyanya seseorang akan terpuaskan keinginannya, bahkan dapat memberikan kepuasan tersendiri kepada orang lain. Untuk menjadi seseorang lebih kreatif, dibutuhkan suatu proses agar seseorang itu dapat menjadi lebih aktif untuk memunculkan ide-ide kreatifnya melalui pembelajaran.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK


0 komentar:

Poskan Komentar