CARI PTK DISINI

Sabtu, 29 Oktober 2011

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN DENGAN MENERAPKAN METODE INKUIRI”( PTK 81 )

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN DENGAN MENERAPKAN METODE INKUIRI”( PTK 81 )

Kurangnya pemberian kesempatan kepada peserta didik untuk berpikir dan menemukan sendiri pengetahuan yang dipelajarinya berakibat pada rendahnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA yang pada akhirnya akan berakibat pula pada rendahnya prestasi belajar IPA siswa. Hal ini bisa dilihat saat siswa mengikuti pembelajaran di kelas. Siswa terlihat malas untuk belajar. Suasana belajar di kelaspun tampak lesu. Siswa merasa enggan untuk mengikuti pelajaran yang disampaikan guru. Siswa hanya duduk manis dan pasif. Guru yang menjelaskan materi pelajaran tidak dihiraukan lagi. Bahkan sebagian siswa merasa terkantuk-kantuk bila mendengarkan penjelasan guru.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan : a) Bagaimanakah cara meningkatkan kemampuan identifikasi terhadap faktor-faktor penyebab perubahan benda siswa kelas VI SDN Babadan 01 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar terhadap mata pelajaran IPA? b) Apakah penerapan strategi pembelajaran penemuan (inquiry) mampu meningkatkan kemampuan identifikasi terhadap faktor-faktor penyebab perubahan benda siswa kelas VI SDN Babadan 01 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar?

Tujuan dari penelitian ini adalah : a) Mengetahui cara meningkatkan kemampuan identifikasi terhadap faktor-faktor penyebab perubahan benda siswa kelas VI SDN Babadan 01 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. b) Mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran penemuan (inquiry) mampu meningkatkan kemampuan identifikasi terhadap faktor-faktor penyebab perubahan benda siswa kelas VI SDN Babadan 01 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Babadan 01 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Data yang diperoleh berupa data keaktifan siswa, data aktifitas guru dan data tes formatif siswa.

Dari hasil analisis data didapatkan bahwa kemampuan identifikasi terhadap faktor-faktor penyebab perubahan benda siswa dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (66,66%), siklus II (83,33%), siklus III (91,66%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran penemuan (inquiry) mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi terhadap faktor-faktor penyebab perubahan benda.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Posting Komentar