CARI PTK DISINI

Sabtu, 29 Oktober 2011

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN PANGKAT TAK SEBENARNYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA”. PTK 106

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN PANGKAT TAK SEBENARNYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA”. PTK 106

Belajar dan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik. Interaksi yang bernilai edukatif ini dikarenakan kegiatan belajar pembelajaran yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pembelajaran dilakukan. Guru dengan sadar merencanakan kegiatan pembelajaran secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatunya guna kepentingan pembelajaran.

Harapan yang tidak pernah sirna dan selalu menjadi tuntutan guru adalah bagaimana bahan pelajaran yang disampaikan dapat dikuasai oleh anak didik secara tuntas. Ini merupakan masalah yang cukup sulit yang senantiasa dirasakan oleh guru. Kesulitan itu dikarenakan anak didik bukan hanya sebagai individu dengan segala keunikannya, tetapi mereka juga sebagai makhluk sosial dengan latar belakang yang berlainan. Menurut Djamarah dan Zain (2002: 1) mengemukakan bahwa, “Paling sedikit ada tiga aspek yang membedakan anak didik yang satu dengan yang lainnya yaitu aspek intelektual, psikologis dan biologis”.

Ketiga aspek di atas merupakan bagian tak terpisahkan dan memerlukan solusi dalam upaya pemecahan masalah agar tidak berakibat negatif dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu komponen penting pembelajaran bagi siswa dalam sistem pendidikan nasional adalah mata pelajaran matematika, mengingat mata pelajaran matematika mempunyai nilai strategis dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional. Hal ini disebabkan, melalui mata pelajaran matematika, siswa dapat mengembangkan kerangka berpikir logis, sistematis, kreatif, dan inovatif sehingga peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Atas dasar nilai strategis yang dimiliki mata pelajaran matematika, maka mata pelajaran matematika layak mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak agar kualitasnya dapat ditingkatkan. Salah satu usaha ke arah itu adalah meneliti kendala yang menghambat bagi pencapaian tujuan mata pelajaran matematika. Setelah ditemukan kendalanya, kemudian dicarikan alternatif pemecahan yang ampuh.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Posting Komentar