CARI PTK DISINI

Memuat...

Sabtu, 29 Oktober 2011

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN ( PTK 84 )

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN ( PTK 84 )

Peran strategis sekolah Dasar sebagai lembaga pendidikan tingkat dasar yang berkewajiban menyiapkan setiap siswanya untuk dapat melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Setiap siswa diupayakan dipersiapkan menjadi orang yang menguasai sains dan teknologi yang siap untuk terjun di kehidupan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut maka upaya peningkatan kualitas peserta didik salah satunya ditempuh melalui peningkatan kualitas pembelajaran.

Pembelajaran adalah merupakan interaksi yang melibatkan guru dan siswa, oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut, setiap penyampaian mata pelajaran harus diorganisasikan dengan strategi yang tepat (Berg, 1995:9). Dalam hal ini, pemilihan metode dan media pembelajaran sangat menentukan keberhasilan suatu proses belajar mengajar.

Berdasarkan pengamatan, pelaksanaan pembelajaran di kelas VI SDN Babadan I, ketika pelaksanaan pembelajaran matematika berlangsung, siswa kurang bergairah, malas, dan berdiam diri. Dalam beberapa tatap muka pembelajaran di kelas, ketika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, tidak ada respon sama sekali. Hal inilah yang menyebabkan kelas menjadi pasif, jika keadaan seperti itu dibiarkan, maka kegiatan pembelajaran akan terganggu, dan usaha guru dalam mengelola kelas yang aktif dan kreatif sekaligus menyenangkan tidak akan berhasil.

Dalam tatap muka yang lain sering ditemukan beberapa siswa yang dengan sengaja tidak mengerjakan tugas rumah. Bahkan sering ditemukan bahwa siswa sering mengerjakan dengan mencontoh temannya dan dikerjakan di dalam kelas. Temuan ini disampaikan oleh guru mata pelajaran lain yang sering mempergoki siswa mengerjakan tugas lain saat pelajaran berlangsung.

Memperhatikan kondisi siswa dan kelas seperti tersebut di atas, kami selaku peneliti dan guru berusaha mencari solusi yang tepat dalam pengelolaan pembelajaran, yaitu dengan jalan menggunakan alat bantu mengajar yang dapat mendorong siswa untuk lebih bergairah dan kreatif.

Masalah-masalah tersebut di atas, setelah peneliti menganalisis kelengkapan guru dalam mengajar, rencana pelaksanaan pembelajaran sudah dibuat guru dengan benar, metode yang digunakan sudah sesuai, pengelolaan kelas sudah bervariasi, namun masih ada kekurangan pada kelengkapan alat bantu mengajar yaitu media pembelajaran. Bahkan nilai rata-rata ulangan harian siswa masih dibawah standar ketuntasan minimal.

Setelah memperhatikan identifikasi masalah, peneliti mengambil solusi yang tepat untuk mengatasi masalah-masalah tersebut yaitu mengangkat salah satu media pembelajaran yang berupa media gambar untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI SDN Babadan I, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Dengan bantuan media gambar, foto, atau media lainnya, diharapkan siswa dapat lebih termotivasi dan lebih mudah dalam memahami matematika. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan, karena siswa Sekolah Dasar dalam mempelajari matematika masih dalam taraf perkembangan kognitif, dan abstrak.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Poskan Komentar