CARI PTK DISINI

Senin, 31 Oktober 2011

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PEMBELAJARAN FUNGSI ZAT MAKANAN

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PEMBELAJARAN FUNGSI ZAT MAKANAN DI SMP NEGERI

( PTK 142 )


Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memerlukan usaha dan dana yang cukup besar, hal ini diakui oleh semua orang atau suatu bangsa demi kelangsungan masa depannya. Demikian halnya dengan Indonesia menaruh harapan besar terhadap pendidikan dalam perkembangan masa depan bangsa ini, karena dari sanalah tunas muda harapan bangsa sebagai generasi dibentuk.
Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya dalam arti modal materil yang cukup besar, tetapi sampai saat ini Indonesia masih berkutat pada problematika klasik dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Problematika ini setelah dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkar dan tidak tahu dari mana mesti harus diawali.
Terkait mutu pendidikan, khususnya pendidikan pada tingkat dasar (SD dan SMP) sampai saat ini masih jauh dari apa yang diharapkan. Standarisasi nilai kelulusan yang telah ditentukan pemerintah dengan nilai ,50 menimbulkan banyak kontroversi dikalangan dunia pendidikan. Hal ini disebabkan karena kehawatian mereka akan ketidak lulusan anak didik mereka.
Harapan yang tidak pernah sirna dan selalu guru tuntut adalah bagaimana bahan pembelajaran yang disampaikan guru dapat dikuasai siswa secara tuntas terutama pembelajaran yang mayoritas tidak disenangi oleh siswa seperti matematika. Ini merupakan masalah yang cukup sulit dirasakan oleh guru.kesulitan itu karena siswa bukan hanya sebagai individu dengan segala keunikannya tapi juga sebagai mahluk sosial dengan latar belakang yang berbeda. Berbagai upaya dan berbagai macam metode pembelajaran telah dicoba untuk diterapkan tetapi sampai saat ini hasilnya masih belum maksimal
Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu upaya untuk menghadapi problematika tersebut. Karena model pembelajaran kooperatif adalah salah satu pembelajaran yang berdasarkan faham konstruktivis. Cooperative learning merupakan strategi belajar dengan jumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda (Isjoni, 2007 : 34). Dalam cooperative learning terdapat beberapa variasi model yang dapat ditetapkan. Diantara berbagai model pembelajaran kooperatif adalah Teams Games Tournamen (TGT) merupakan salah satu model yang dipercaya dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bertukar informasi, tidak hanya informasi dari guru. Pembagian kelompok pada model pembelajaran ini didasarkan pada keheterogenan siswa, baik suku, prestasi, jenis kelamin atau lainnya.
Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dipercaya dapat memberikan solusi terhadap problematika pembelajaran yang ada di tingkat sekolah dasar karena model TGT ini dapat memperhatikan keheterogenan siswa, dan minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika dianggap cukup penting, maka penulis terdorong untuk meneliti tentang upaya model pembelajaran TGT dalam meningkatkan prestasi belajar matematika.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Posting Komentar