CARI PTK DISINI

Memuat...

Sabtu, 29 Oktober 2011

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI ( PTK 88 )

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI ( PTK 88 )

Pendidikan adalah suatu bidang yang harus diutamakan oleh setiap warga negara, karena pendidikan merupakan investasi yang sangat besar manfaatnya bagi setiap orang. Warga negara yang ingin maju dan tidak mau ketinggalan dengan warga lain terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikannya. Masalah pendidikan adalah masalah yang menyangkut kehidupan masa depan suatu bangsa termasuk bangsa Indonesia. Pembangunan nasional dibidang pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia seperti ditegaskan dalam undang - undang sistem pendidikan nasional nomor 2 tahun 1989 sebagai berikut: Pembangunan nasional dibidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas makmur serta memungkinkan para warganya mengembangkan diri baik berkenaan aspek jasmani maupun rohani berdasarkan pancasila dan UUD 1945 (Wajiman, 2008:1).

Sehubungan dengan itu, masalah peningkatan mutu pendidikan sampai kini masih terus diupayakan. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan disekolah sangat membutuhkan guru yang professional yang ditugaskan secara penuh untuk melaksanakan pendidikan di sekolah karena guru merupakan ujung tombak dalam proses belajar mengajar. Belajar mengajar adalah suatu proses interaksi antara guru siswa untuk mencapai pembelajaran.

Proses belajar mengajar akan berlangsung secara optimal dan epektif bila direncanakan dengan baik. Untuk menjadi guru yang profesional diperlukan pengetahuan dan keterampilan untuk merencanakan dan mengelolah proses pembelajaran tersebut. Salah satu komponen belajar mengajar adalah strategi belajar. Oleh karena itu untuk menjadi guru yang profesional diperlukan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana memilih strategi belajar mengajar yang tepat serta keterampilan dalam penggunaanya.

Selain itu, tugas guru adalah membelajarkan anak didik agar peserta didik berhasil mencapai tujuan pendidikan yaitu menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap kemudian mampu menerapkan tujuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari, maka guru perlu mengerahkan daya upayanya untuk membuat proses belajar mengajar itu menjadi lebih bermakna. Penggunaan CBSA (cara belajar siswa aktif) yang tepat dalam proses belajar mengajar merupakan metode yang bagus. Oleh karena itu, guru dituntut untuk menggunakan metode tersebut sebagai suatu strategi belajar mengajar terlihat secara intelektual dan emosional.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK


0 komentar:

Poskan Komentar