CARI PTK DISINI

Sabtu, 29 Oktober 2011

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARANTEKNIK PEMBESARAN IKAN, MATERI SAMPLING DAN PENENTUAN DOSIS PA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN

KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN TEKNIK

PEMBESARAN IKAN, MATERI SAMPLING DAN PENENTUAN DOSIS

PAKAN ( PTK 63 )


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di Sekolah Usaha Perikanan

Menengah (SUPM) Bone, Kabupaten Bone, Propensi Sulawesi Selatan, dengan tujuan

untuk mengetahui adanya peningkatan kualitas proses belajar mengajar serta sejauh

mana peserta didik akan memahami, mengetahui materi pelajaran yang diberikan, dengan

menggunakan metode mengajar kooperatif tipe STAD (Student Teams – Achievement

Division).

Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus tindapkan. Siklus pertama

adalah pra tindakan, sedangkan siklus kedua dan ketiga adalah tindakan pembelajaran

dengan menggunakan metode mengajar kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data

yang digunakan adalah observasi melalui aktivitas siswa selama mengikuti proses

pembelajaran, hasil ujian kognotif dan psikomotorik siswa, pada setiap akhir siklus

tindakan. Data hasil observasi yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk

mendapatkan gambaran tentang sikap siswa terhadap metode mengajar yang diterapkan,

aktivitas siswa mengikuti pelajaran, perhatian, antusias dalam belajar, motivasi belajar dan

sejenisnya. Sedangkan data hasil belajar dianalisis secara deskriptip yaitu menentukan

nilai rata-rata, nilai terendah, dan nilai tertinggi, serta presentase nilai yang diperoleh

berdasarkan kriteria sangat kurang, kurang, baik dan sangat baik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif

tipe STAD pada mata pelajaran teknik pembesaran ikan dengan materi melakukan

sampling dan penentuan dosis pakan, kelas I Jurusan Budidaya Perikanan SUPM Negeri

Bone, pertama: dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan hasil belajar

siswa, kedua: aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan untuk menguasai materi pelajaran,

dan ketiga, pencapaian kompotensi siswa (kognitif, psikomotorik dan avektif) dapat

meningkat.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Posting Komentar