CARI PTK DISINI

Memuat...

Sabtu, 29 Oktober 2011

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI ( 67 PTK )

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI ( 67 PTK )

Latar belakang dari penelitian ini adalah terdapat 7 siswa dari 15 siswa yang belum memenuhi KKM yang ditentukan sebesar 60, dengan nilai rata – rata kelas sebesar 52,67. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran metode yang sering digunakan adalah metode yang bersifat ekspositori dan konvensional. Penulis merumuskan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini dalam bentuk pertanyaan, yaitu ” Apakah pembelajaran dengan menggunakan multimedia pada pokok bahasan gaya dapat meningkatkan prestasi belajar IPA kelas IV ?”.

Melalui penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dengan menerapkan multimedia pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Madyogondo II. Hipotesis penelitian ini adalah: Dengan menggunakan multimedia, maka hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA di SD Negeri Madyogondo II akan terjadi peningkatan.

Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri atas lembar observasi untuk mengukur efektivitas penggunaan multimedia dalam pembelajaran serta tes formatif guna melihat prestasi siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri MADYOGONDO 02 yang berjumlah 15 siswa.

Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan. Pada kondisi awal, prestasi belajar siswa termasuk dalam kategori rendah yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai 52.67, dengan 8 siswa yang telah mencapai KKM dan 7 siswa yang belum mencapai KKM. Siklus I prestasi belajar siswa meningkat ke kategori tinggi yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai 72,67 , dengan jumlah siswa yang telah mencapai nilai KKM sebanyak 13 siswa dan 2 siswa belum mencapai KKM. Siklus II, terjadi peningkatan prestasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai 78,93 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM 15 siswa atau 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV Mata Pelajaran IPA SD Negeri MADYOGONDO II

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Poskan Komentar