CARI PTK DISINI

Memuat...

Sabtu, 29 Oktober 2011

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KIMIA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES “ ( PTK 48 )

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KIMIA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES “ ( PTK 48 )

Kualitas kehidupan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan suatu negara. Upaya untuk menaikkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan mutlak diperlukan.

Guru sebagai tenaga profesional dituntut untuk menguasai bahan ajar maupun strategi pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang dilakukan saat proses belajar mengajar menentukan pengembangan kompetensi seorang siswa. Guru dapat berperan sebagai fasilitator untuk membantu siswa agar kompetensinya dapat berkembang secara maksimal.

Berdasarkan pengamatan pada umumnya kegiatan PBM ( Proses Belajar Mengajar ) belum berorientasi pada siswa sebagai subyek belajar melainkan masih berpusat pada guru atau ( Teacher Centered ) . Akibatnya siswa sulit dalam belajar dan prestasi belajarnya relatif rendah, khususnya nilai ujian Praktek .

Berdasarkan data hasil UN Praktik selalu lebih rendah dari UN tulis,hal ini menunjukkan kurangnya pendekatan keterampilan proses khususnya melalui metode eksperimen. Prestasi belajar oleh sebagian besar siswa sering dianggap hanya ditentukan oleh faktor kognititf saja sedangkan afektif dan praktik dikesampingkan.

Hal ini sebagai akibat pendekatan pembelajaran yang hanya berorientasi pada faktor prestasi aspek kognitif saja.

Rendahnya nilai ujian praktik dibandingkan ujian tulis jelas menggambarkan besarnya dominasi faktor kognitif saja. Melalui pendekatan keterampilan proses diharapkan mampu mengembangkan kompetensi siswa secara utuh.

Dengan pendekatan keterampilan proses yang menekankan pada proses belajar, aktifitas dan kreatifitas peserta didik untuk memperoleh pengetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Poskan Komentar