CARI PTK DISINI

Sabtu, 29 Oktober 2011

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG SIFAT - SIFAT BANGUN DATAR DENGAN PENDEKATAN NUMBERED HEADS

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG SIFAT - SIFAT BANGUN DATAR DENGAN PENDEKATAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN ALAT PERAGA MODEL BANGUN DATAR PADA KELAS V ( PTK 38 )


Perkembangan Iptek ( Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ) yang semakin maju berbagai permasalahan banyak yang muncul. Di sinilah guru sebagai ujung tombak pendidikan. Strategi pembelajaran seperti apa yang harus dilakukan guru. Bagaimana mengembangkan pembelajaran Matematika di sekolah dasar yang benar - benar mampu mengembangkan potensi siswa secara optimal sesuai dengan yang diharapkan. Mampukah guru mewujudkan pelajaran matematika sebagai pelajaran yang tidak menakutkan tetapi menyenangkan bagi siswa. Guru memerlukan sarana dan prasarana yang konkrit bagaimana sebaiknya mengelola kegiatan belajar mengajar Matematika agar bermakna.

Belajar akan lebih bermakna jika siswa " Mengalami " apa yang dipelajari, bukan " Mengetahui " apa yang dipelajari.Telah terbukti pembelajaran yang berorientasi pada target penguasaan materi berhasil berkompetesi " Mengingat " jangka pendek tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam jangka panjang.

Proses belajar yang monoton dan tidak menarik akan berpengaruh pada proses hasil pelajaran matematika. Siswa merasa bosan mendengarkan penjelasan guru sehingga proses pembelajaran tidak berhasil. Hasil ulangan harian matematika tentang mengalikan berbagai pecahan di kelas V semester 1 SD Negeri Dupak I yang mendapat nilai 75 - 100 ada 13 siswa atau 33 % dari 40 siswa. Melihat hal tersebut jelas bahwa proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh peran siswa serta keaktifan siswa sangat mendukung keberhasilan hasil belajar.

Hasil belajar yang diperoleh siswa masih jauh dengan harapan guru. Tindak lanjut dilakukan oleh guru untuk menggugah keaktifan siswa dengan jalan memperbaiki proses belajar mengajar yang efektif, efisien dan menyenangkan

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Posting Komentar