CARI PTK DISINI

Sabtu, 29 Oktober 2011

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI SDN ( PTK 24 )

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI SDN LOLAWANG KECAMATAN NGORO KABUPATEN MOJOKERTO

Peningkatan mutu pendidikan dapat diupayakan antara lain dengan pemanfaatan media dalam proses belajar mengajar khususnya pada materi pelajaran yang perlu adanya pembuktian dan demonstrasi. Seperti halnya pada pembelajaran matematika, dalam hal ini bagi siswa sekolah dasar yang masih dalam tahap operasional konkrit agar proses belajar mengajar lebih menarik dengan harapan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Rumusan permasalahan yang diajukan peneliti adalah 1) Bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SDN Lolawang Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto dalam pembelajaran matematika materi pecahan, 2) Bagaimana penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SDN Lolawang Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokertoterhadap mata pelajaran matematika materi pecahan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika khususnya materi pecahan, dan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi untuk mengamati proses kegiatan pembelajaran, metode angket untuk mengetahui respon atau tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan dan metode tes untuk mengukur kemampuan siswa.

Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian, didapatkan respon atau tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi sangat baik. Prestasi dan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mohon maaf kami tidak menyimpan filenya secara lengkap,
untuk mendapatkan file lengkapnya silahkan hubungi kami di 085793453975
untuk pengiriman filenya bisa lewat email ataupun CD, koleksi PTK kami banyak dan berbagai tingkatan
agar lebih cepat kami tanggapi silahkan hubungi kami di 085793453975
terima kasih. haha....
saya kira gratiss..

Posting Komentar