CARI PTK DISINI

Memuat...

Jumat, 28 Oktober 2011

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MASALAH SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI ( PTK 20)

Dalam pendidikan suatu bangsa, pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pendidikan sebagai tolak ukur kemajuan bangsa berperan untuk membentuk individu yang beriman, bermoral dan berakhlak mulia serta berkualitas. Dalam hal ini peran guru sangat menentukan tercapainya tujuan pendidikan tersebut.

Menurut pendapat Abis Syamsudin membedakan peranan tugas dan tanggung jawab guru sebagai pendidik (educator) dan pengajar (teacher). Dalam konsep pendidikan mencakup seluruh proses hidup dan segenap bentuk interaksi individu dengan lingkungan baik secara informal dan non formal dalam rangka menunjukkan dirinya sesuai dengan tahapan tugas perkembangannya secara optimal sehingga ia tercipta suatu tahap kedewasaan. Dalam hal ini guru berperan sebagai konservator (pemelihara), transmitor (penerus), transformator (penerjemah) dan organisator (penyelenggara).

Dalam konteks pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar. Belajar menurut pendapat ahli pendidikan modern adalah bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku baru, misalnya dari tidak tahu melalui pengalaman dan latihan. Latihan timbulnya pengertian baru, serta timbul dan berkembangnya sifat-sifat sosial, susila dan emosional dalam proses belajar juga dituntut suatu ketekunan, ketelitian, kesabaran, kerajinan, kekreatifan, demi tercapainya suatu keberhasilan.

Pembelajaran yang berhasil ditunjukkan oleh penguasaan materi pelajaran dan tingkat penguasaan materi pelajaran ditentukan oleh penilai. Penulis sebagai guru kelas IV merasa belum puas dengan nilai yang diperoleh siswa terutama pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dari pengalaman yang dialami, maka penulis mengadakan penelitian melalui refleksi diri (self reflective enquiry) yang kemudian dilanjutkan dengan adanya tindakan (action) yang dilakukan berulang-ulang dalam rangka mencapai perbaikan yang diharapkan.

Sejak awal semester penulis mengamati dan mencatat adanya kurang perhatian siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan seringkali penulis mendapatkan siswa yang memperoleh nilai rata-rata kelas kurang dari standar criteria ketuntasan minimal yaitu 70. Hal ini menunjukkan rendahnya penguasaan materi pengetahuan sosial.

DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Poskan Komentar