CARI PTK DISINI

Memuat...

Jumat, 28 Oktober 2011

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MENGGUNAKAN BELAJAR DENGAN TEHNIK JIGSAW ( PTK 16 )

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LUBUKLINGGAU MENGGUNAKAN BELAJAR DENGAN TEHNIK JIGSAW

Masalah redahnya motivasi siswa dan rendahnya hasil belajar siswa telah lama menjadi bahan pikiran para guru dan pengawas pembina TK/SD, terutama pada mata pelajaran Matematika. Pada umumnya siswa merasa matematika merupakan pelajaran yang menakutkan dan paling susah, sehinga setiap kegiatan pembelajaran kurang aktif, interaktif antara guru dan siswa cenderung pasif dan hanya menerima apa yang diberikan oleh guru.

Menjadi Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang melibatkan guru kelas, permasalahan ini dicoba untuk diteliti melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini melalui dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan hasil belajar sebelumnya. Pada Siklus I tingkat motivasi siswa sebesar 34,38 % sedangkan pada siklus II naik menjadi 63,47 %. Pada hasil ulangan harian siklus I 59,39 % sedangkan pada siklus II naik menjadi 85 %.

Sebagian besar siswa menyenangi model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ini karena siswa diberi kebebasan dan aktif dalam mengeluarkan pendapatnya sehingga terciptalah hubungan yang baik dengan siswa begitu juga dengan guru. DOWNLOAD FILE LENGKAP PTK

0 komentar:

Poskan Komentar