CARI PTK DISINI

Senin, 16 November 2015

Penggunaan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Memahami Siklus Akuntansi

Penggunaan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Memahami Siklus Akuntansi
enis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS-2 _________ materi memahami siklus akuntansi perusahaan jasa dengan penerapan TGT (Teams games tournaments). Indikator keberhasilan yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS-2 SMA_______Semester II Tahun Ajaran 2012/2013 materi memahami siklus akuntansi perusahaan jasa dengan penerapan TGT (Teams games tournaments). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-2 SMA _________yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu pengambilan angket keaaktifan dan tanggapan, serta pengambilan pretest dan posttest. Hasil dari siklus I ialah meningkatnya keaktifan belajar siswa, dimana yang berkategori kurang aktif menjadi 8 atau 23% siswa, siswa yang aktif menjadi 16 atau 46% siswa, sedangkan siswa yang sangat aktif ada 11 atau 31% siswa. Pada siklus II terjadi perubahan bahwa ada 0% siswa yang kurang aktif, siswa aktif ada 15 atau 57% siswa, sedangkan siswa yang sangat aktif ada 20 atau 43% siswa. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatanya itu pada siklus I terdapat 60% siswa dikategorikan tuntas dan 40% siswa dikategorikan tidak tuntas. Pada siklus II terdapat 91% siswa dikategorikan tuntas dan 9% siswa dikategorikan tidak tuntas. Hal ini berarti terdapatpeningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri _______ dengan menggunakan model pembelajaran TGT (teams games tournaments) pada materi memahami siklusakuntansi perusahaan dan jasa.

0 komentar:

Posting Komentar