Penggunaan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk
Meningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Memahami Siklus
Akuntansi
enis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri
dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas
XI IPS-2 _________
materi memahami siklus akuntansi perusahaan jasa dengan penerapan
TGT (Teams games tournaments). Indikator keberhasilan yang diajukan
dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan keaktifan dan
hasil belajar siswa kelas XI IPS-2 SMA_______Semester II
Tahun Ajaran 2012/2013 materi memahami siklus akuntansi perusahaan
jasa dengan penerapan TGT (Teams games tournaments). Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-2 SMA _________yang
berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
pengambilan angket keaaktifan dan tanggapan, serta pengambilan
pretest dan posttest. Hasil dari siklus I ialah meningkatnya
keaktifan belajar siswa, dimana yang berkategori kurang aktif menjadi 8
atau 23% siswa, siswa yang aktif menjadi 16 atau 46% siswa, sedangkan
siswa yang sangat aktif ada 11 atau 31% siswa. Pada siklus II terjadi
perubahan bahwa ada 0% siswa yang kurang aktif, siswa aktif ada 15 atau
57% siswa, sedangkan siswa yang sangat aktif ada 20 atau 43% siswa.
Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatanya itu pada siklus I
terdapat 60% siswa dikategorikan tuntas dan 40% siswa dikategorikan
tidak tuntas. Pada siklus II terdapat 91% siswa dikategorikan tuntas
dan 9% siswa dikategorikan tidak tuntas. Hal ini berarti
terdapatpeningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS-2
SMA Negeri _______ dengan
menggunakan model pembelajaran TGT (teams games tournaments) pada
materi memahami siklusakuntansi perusahaan dan jasa.
0 komentar:
Posting Komentar