CARI PTK DISINI

Senin, 16 November 2015

Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horey untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SDN

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Variabel penelitian ini menggunakan dua variable yaitu model pembelajaran GI dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Adapun instrumen penelitiannya dengan lembar pengamatan unjuk kerja siswa dan guru serta butir soal tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif yaitu perbandingan antar siklus dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi, diagram lingkaran dan perhitungan persentase. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SDN Winong 01 Semester 1 Tahun 2013-2014 dengan kompetensi dasar menentukan letak bilangan pada garis bilangan dan melakukan penjumlahan pengurangan tiga angka setelah menggunakan model pembelajaran CRH. Skor maksimal pada prasiklus yaitu 90, siklus I 100 dan siklus II 100. Skor minimal dari pra siklus yaitu 30, siklus I 50 dan siklus II sebesar 50. Skor rata-rata mengalami kenaikan pra siklus sebesar 62, siklus I sebesar 78 dan siklus II sebesar 85. Pembelajaran peningkatan hasil belajar dari pra siklus 37%, siklus I sebesar 77%, siklus II sebesar 94%. Jadi peningkatan hasil belajar yang diperoleh 90% melebihi indikator kata keberhasilan yang ditetapkan sebesar 80%. Dengan demikian PTK yang dilaksanakan telah berhasil. Mendasarkan pada hasil penelitian, maka disarankan bahwa guru agar menggunakan model pembelajaran CRH dalam pembelajaran matematika SD untuk KD menentukan letak bilangan pada garis bilangan dan melakukan penjumlahan pengurangan tiga angka agar terjadi perbaikan pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

0 komentar:

Posting Komentar