Senin, 16 November 2015
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas 7D SMP Negeri
enis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis
penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini dilakukan oleh guru
bekerjasama dengan peneliti (kolaborasi). Teknik pengumpulan data
menggunakan tes. Adapun teknik analisis penerapan model pembelajaran
kancing gemerincing dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, untuk
membandingkan pencapaian hasil belajar mulai dari pra siklus, siklus I ,
dan siklus II digunakan teknik analisis deskriptif komparatif.
Penelitian ini terdiri atas 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari dua
kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7d SMP Negeri
1 Bancak yang berjumlah 29 siswa Pembelajaran dengan model kooperatif
tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar PKn SMP Negeri kelas 7d semester 2 tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini
dibuktikan dengan peningkatan hasil pada setiap siklus. Sebelum
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing atau
pra siklus hanya 14 siswa dari 29 siswa yang tuntas atau 48,28%.
Rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 62,9 dari nilai KKM = 70. pada
siklus I menunjukan 62,07 % atau 18 siswa mendapat nilai diatas KKM =70
dan 37,93% atau 11 siswa mendapat nilai dibawah KKM = 70. Nilai
rata-rata siswa 71,38, pada siklus II menunjukan 82,76 % atau 24 siswa
mendapat nilai diatas KKM =70 dan 17,24% atau 5 siswa mendapat nilai
dibawah KKM = 70 dan nilai rata-rata siswa 77,55. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 82,76% Jadi
penelitian ini dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator
keberhasilan 80%. Saran dalam penelitian ini diharapkan guru dapat
menggunakan model pembelajaran kancing gemerincing untuk meningkatkan
hasil belajar PKn dan menambah wawasan dan penguasaan guru terhadap
model pembelajaran kooperatif.
0 komentar:
Posting Komentar