CARI PTK DISINI

Senin, 16 November 2015

Penggunaan Metode Diskusi Panel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas 7b SMP Negeri

Penggunaan Metode Diskusi Panel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas 7b SMP Negeri

Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kelas 7B SMP ----------- dalam mengajarkan PKn menggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pasif, tidak kreatif, dan ramai sendiri. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa banyak yang belum mencapai KKM ≥ 75 rata-rata masih rendah (72,5). Dari data hasil pra siklus siswa yang belum mencapai KKM ≥ 75 sebanyak 17 siswa (56,5%), sedangkan siswa yang sudah mencapai KKM ≥ 75 sebanyak 13 siswa (43,5%). Berdasarkan hasil belajar pada pra siklus yang masih rendah tersebut maka dilakukan tindakan perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penggunaan metode diskusi panel dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VII B Semester 1 SMP Negeri -----------?”. Dengan menggunakan metode diskusi panel dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu data-data yang terkumpul dalam penelitian dianalilis dan disajikan dalam bentuk angka-angka (persentase) dan didiskripsikan secara kualitatif. Disamping itu peneliti juga membandingkan hasil penelitian ini dengan penelitian yang relevan. PTK ini berbentuk kolaboratif, karena melibatkan guru kelas PKn dan peneliti. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan melalui 2 siklus. Tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan (2 x 40 menit). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn Siswa Kelas 7B Semester 1 SMP ---------. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar pada tiap siklus. Pada tahap pra siklus sebanyak 43,5% (13 siswa ) yang tuntas, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 63,5% (19 siswa), setelah dilakukan perbaikan melalui metode diskusi panel. Siklus II dilakukan tindakan lanjutan dan hasil belajar siswa meningkat kembali menjadi 93,5% (28 siswa) yang telah tuntas dalam belajarnya. Dengan demikian dapat dismpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode diskusi panel dapat meningkatkan hasil belajar PKn Siswa Kelas 7B SMP Negeri 1 -------------. Berdasarkan penelitian hasil ini maka guru PKn dapat menggunakan metode diskusi panel untuk materi PKn yang lain untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

0 komentar:

Posting Komentar