Penggunaan Metode Diskusi Panel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas 7b SMP Negeri
Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kelas 7B SMP ----------- dalam mengajarkan PKn menggunakan metode ceramah, sehingga
siswa menjadi pasif, tidak kreatif, dan ramai sendiri. Hal ini
mengakibatkan hasil belajar siswa banyak yang belum mencapai KKM ≥ 75
rata-rata masih rendah (72,5). Dari data hasil pra siklus siswa yang
belum mencapai KKM ≥ 75 sebanyak 17 siswa (56,5%), sedangkan siswa yang
sudah mencapai KKM ≥ 75 sebanyak 13 siswa (43,5%). Berdasarkan hasil
belajar pada pra siklus yang masih rendah tersebut maka dilakukan
tindakan perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penggunaan metode diskusi
panel dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VII B
Semester 1 SMP Negeri -----------?”.
Dengan menggunakan metode diskusi panel dalam pembelajaran PKn untuk
meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini analisis data
menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu data-data
yang terkumpul dalam penelitian
dianalilis dan disajikan dalam bentuk angka-angka (persentase) dan
didiskripsikan secara kualitatif. Disamping itu peneliti juga
membandingkan hasil penelitian ini dengan penelitian yang relevan. PTK
ini berbentuk kolaboratif, karena melibatkan guru kelas PKn dan
peneliti. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan melalui 2
siklus. Tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan (2 x 40 menit).
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn Siswa
Kelas 7B Semester 1 SMP ---------. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah
terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar pada tiap siklus. Pada
tahap pra siklus sebanyak 43,5% (13 siswa ) yang tuntas, pada siklus I
ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 63,5% (19 siswa),
setelah dilakukan perbaikan melalui metode diskusi panel. Siklus II
dilakukan tindakan lanjutan dan hasil belajar siswa meningkat kembali
menjadi 93,5% (28 siswa) yang telah tuntas dalam belajarnya. Dengan
demikian dapat dismpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode diskusi
panel dapat meningkatkan hasil belajar PKn Siswa Kelas 7B SMP Negeri 1 -------------.
Berdasarkan penelitian hasil ini maka guru PKn dapat menggunakan metode
diskusi panel untuk materi PKn yang lain untuk meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa.
0 komentar:
Posting Komentar