CARI PTK DISINI

Senin, 16 November 2015

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 5 SDN

Latar belakang penelitian ini adalah perolehan ketuntasan siswa hanya 33 % yang masih jauh dari KKM yang telah ditetapkan. Padahal KKM dari materi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya adalah 72.Menurut hasil pengamatan peneliti, rendahnya kemampuan itu di sebabkan oleh beberapa faktor, yaitu : (1) pembelajaran masih didominasi oleh siswa yang pandai, (2) aktifitas siswa dalam pembelajaran masih kurang, (3) belum maksimalnya penerapan model pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA tentang Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya melalui model Contextual Teaching and Learning dengan kelompok belajar yang heterogin. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus dan tiap-tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Selain hasil pengamatan data yang diperoleh juga berasal dari nilai hasil tes pada kondisi pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskripsi komparatif yaitu membandingkan ketuntasan kondisi pra siklus ( tuntas 33 %), siklus 1 ( tuntas 61 % ), siklus 2 ( tuntas 83 % )Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan kelompok belajar yang heterogen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SDN Klakahkasihan 01 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati.Hasil observasi dari yang dilakukan teman sejawat menunjukkan penerapan model Contextual Teaching and Learning meningkatkan aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Kenyataan ini dibuktikan dengan rata-rata hasil tes yang meningkat.Implikasi dari penggunaan model Contextual Teaching and Learning aktifitas siswa dan hasil belajar IPA siswa kelas 5 meningkat. Oleh karena itu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan kelompok belajar yang heterogin dapat digunakan guru dalam pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar