CARI PTK DISINI

Senin, 16 November 2015

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA bagi Siswa Kelas IV SDN

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV SDN Pati Lor 05 pada mata pelajaran IPA pada kompetensi dasar mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda menunjukkan hasil yang kurang optimal. Dari 29 siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal (KKM= 80) baru 13 siswa atau sebesar 44,83% sedangkan siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan berjumlah 16 siswa atau sebesar 55,17%. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk menjawab permasalahan di atas adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Divisions) pada siswa kelas IV SDN Pati Lor 05 Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN Pati Lor 05 sebanyak 29 siswa. Rencana tindakan yang penulis rencanakan untuk mengatasi masalah ketidaktuntasan nilai siswa pada mata pelajaran IPA adalah dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan dua siklus, yaitu: siklus Idan siklus II. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA dengan menerapkan model kooperatif STAD (Student Team Achievement Divisions). Hal ini terlihat pada peningkatan: (1) ketuntasan belajar;pra siklus sebesar 44,83%, siklus I sebesar 72,41 %, dan siklus II sebesar 89,66%. (2) Rata-rata kelas;pra siklus sebesar 70,52,siklus I sebesar 79,31, dan siklus II sebesar 89,66. (3) Skor minimal; pra siklus 40, siklus I 50, dan siklus II 60. (4) skor maksimal;pra siklus 90, siklus I 100, dan siklus II 100. (4) Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Siswa akan menjadi lebih aktif, inisiatif, kosentrasi serta menumbuhkan kerjasama antar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV SDN

0 komentar:

Posting Komentar