Senin, 16 November 2015
Penerapan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Mengenal Jenis Produk dalam Bursa Efek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri
Timbal balik antara siswa dan guru sangat diperlukan dalam proses
pembelajaran di kelas. Hal tersebut dapat dicapai dengan penerapan
metode yang tepat pada setiap pembelajaran, sehingga dapat menarik minat
siswa untuk memberikan respon yang positif terhadap pelajaran.
Kenyataan yang ada di lapangan, guru masih menggunakan metode ceramah
sehingga kegiatan pembelajaran cenderung didominasi oleh guru, sedangkan
minat dan aktivitas siswa di kelas rendah. Hal tersebut berdampak juga
terhadap hasil belajar siswa yang rendah dan dibawah KKM. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode
pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) model kooperatif
tipe two stay two stray (TSTS) pada kompetensi mengenal jenis produk
dalam bursa efek dapat meningkatkan aktivitas dan belajar siswa kelas XI
IPS 2 SMA Negeri. Keberhasilan proses pembelajaran
dinyatakan berhasil bila rata-rata aktivitas belajar siswa sudah
mencapai skor lebih dari atau sama dengan 80%. Ketuntasan hasil belajar
siswa minimal 80% dari keseluruhan siswa yang mengikuti tes yang telah
mendapat nilai minimal 71. Penelitian ini menggunakan desain penelitian
tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus
terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data
peneliti diperoleh dari instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa
soal kuis diakhir siklus I dan siklus II, sedangkan instrumen non tes
berupa lembar observasi dan angket. Metode yang digunakan adalah metode
deskriptif. Hasil keberhasilan proses pada penelitian tindakan kelas ini
adalah aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar
72,29% menjadi 90,57% pada siklus II, sedangkan rata-rata ketuntasan
belajar pada siklus I sebesar 72,5%, pada siklus II meningkat menjadi
87,5%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan
metode pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) model
pengajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) pada kompetensi
dasar mengenal jenis produk dalam bursa efek dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1
0 komentar:
Posting Komentar