CARI PTK DISINI

Senin, 16 November 2015

Penerapan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Mengenal Jenis Produk dalam Bursa Efek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri

Timbal balik antara siswa dan guru sangat diperlukan dalam proses pembelajaran di kelas. Hal tersebut dapat dicapai dengan penerapan metode yang tepat pada setiap pembelajaran, sehingga dapat menarik minat siswa untuk memberikan respon yang positif terhadap pelajaran. Kenyataan yang ada di lapangan, guru masih menggunakan metode ceramah sehingga kegiatan pembelajaran cenderung didominasi oleh guru, sedangkan minat dan aktivitas siswa di kelas rendah. Hal tersebut berdampak juga terhadap hasil belajar siswa yang rendah dan dibawah KKM. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) model kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) pada kompetensi mengenal jenis produk dalam bursa efek dapat meningkatkan aktivitas dan belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri. Keberhasilan proses pembelajaran dinyatakan berhasil bila rata-rata aktivitas belajar siswa sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan 80%. Ketuntasan hasil belajar siswa minimal 80% dari keseluruhan siswa yang mengikuti tes yang telah mendapat nilai minimal 71. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data peneliti diperoleh dari instrumen tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal kuis diakhir siklus I dan siklus II, sedangkan instrumen non tes berupa lembar observasi dan angket. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil keberhasilan proses pada penelitian tindakan kelas ini adalah aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 72,29% menjadi 90,57% pada siklus II, sedangkan rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 72,5%, pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) model pengajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) pada kompetensi dasar mengenal jenis produk dalam bursa efek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1

0 komentar:

Posting Komentar