CARI PTK DISINI

Senin, 16 November 2015

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Neger

enis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek siswa kelas VIII C dengan jumlah siswa 36. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Minat belajar mengalami peningkatan pada pra siklus, siklus1, dan siklus2. Terdapat 19,44% dengan kriteria kurang baik, 72,22%kriteria baik serta 8,33% sangat baik. Pembelajaran Siklus 1 yang dilaksanakan dengan mengunakan model Rotating Trio Exchange dapat dikatehui minat belajar siswa 13,89% dengan kriteria kurang baik, 69,44% baik serta 16,67% sangat baik. Berdasarkan data siklus1 maka dapat dilaksanakan ke tahap siklus2, diperoleh data minat belajar yaitu 11% dengan kriteria kurang baik, 75% baik serta 14% sangat baik. Hasil belajar mengalami peningkatan dengan kentuntasan klasikal yaitu 42% pra siklus, dan 67% siklus 1 pada Siklus 2 mengalami peningkatan ketuntasan 92%. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui siklus 2 mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus1, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa minat dan hasil belajar meningkat dengan model pembelajaran Rotating Trio Exchange. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan model ini untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada mata pelajaran lain, hal ini untuk membuktikan model Rotating Trio Exchange tidak hanya bisa digunakan dalam mata pelajaran matematika saja tetapi pada semua mata pelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar