Senin, 16 November 2015
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Media Physics Hearts Card pada Materi Momentum dan Impuls
Dalam kegiatan belajar mengajar, penggunaan metode ceramah di
sekolah-sekolah saat ini masih mendominasi. Selain itu penerapan sistem
rangking yang masih diterapkan disekolah memunculkan sikap individual
dan kompetisi negatif diantara siswa tanpa adanya kerja sama. Mengingat
pentingnya sikap kerja sama, menciptakan pembelajaran kreatif dan
menyengankan maka dibutuhkan metode pembelajaran yang mencangkup hal
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi hal tersebut yaitu
dengan menerapan Pembelajaran Kooperatif tipe TGT dengan media physics
hearts card untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dengan
mengembangkan permainan physics hearts card pada bagian konsolidasi.
Metode penelitian yang dipakai adalah PTK. Sampel yang digunakan siswa
SMA kelas XI, dengan materi momentum dan impuls. Penelitian ini diawali
dengan pembelajaran sesuai RPP kemudian pada tahap konsolidasi siswa
melakukan tournament menggunakan permainan physics hearts card. Dalam
permainan semua siswa berpasangan mengerjakan soal dengan berdiskusi
antar pasangana dan berdiskusi dengan pasangan lain saat membacakan
jawabannya dalam satu tim. Pada akhir pembelajaran guru memberika tes
evaluasi kepada semua siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa dan
kuisioner untuk mengetahui tanggapan siswa tentang metode pembelajaran
yang diberikan. Hasil penelitian didapatkan 94 % siswa mendapat nilai =
7 untuk tes. Selain itu pada aspek afektif kelas mencapai batas
kriteria yang ditentukan yaitu 70% siswa melakukan kegiatan kerjasama
dengan baik.
0 komentar:
Posting Komentar