Senin, 16 November 2015
Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horey untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SDN
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK
yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan tindakan,
pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Variabel penelitian
ini menggunakan dua variable yaitu model pembelajaran GI dan hasil
belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes.
Adapun instrumen penelitiannya dengan lembar pengamatan unjuk kerja
siswa dan guru serta butir soal tes. Teknik analisis yang digunakan
adalah analisis deskriptif komparatif yaitu perbandingan antar siklus
dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi, diagram lingkaran dan
perhitungan persentase. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SDN Winong 01
Semester 1 Tahun 2013-2014 dengan kompetensi dasar menentukan letak
bilangan pada garis bilangan dan melakukan penjumlahan pengurangan tiga
angka setelah menggunakan model pembelajaran CRH. Skor maksimal pada
prasiklus yaitu 90, siklus I 100 dan siklus II 100. Skor minimal dari
pra siklus yaitu 30, siklus I 50 dan siklus II sebesar 50. Skor
rata-rata mengalami kenaikan pra siklus sebesar 62, siklus I sebesar
78 dan siklus II sebesar 85. Pembelajaran peningkatan hasil belajar
dari pra siklus 37%, siklus I sebesar 77%, siklus II sebesar 94%. Jadi
peningkatan hasil belajar yang diperoleh 90% melebihi indikator kata
keberhasilan yang ditetapkan sebesar 80%. Dengan demikian PTK yang
dilaksanakan telah berhasil. Mendasarkan pada hasil penelitian, maka
disarankan bahwa guru agar menggunakan model pembelajaran CRH dalam
pembelajaran matematika SD untuk KD menentukan letak bilangan pada garis
bilangan dan melakukan penjumlahan pengurangan tiga angka agar terjadi
perbaikan pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar matematika
siswa.
Label:
PTK MATEMATIKA SD
0 komentar:
Posting Komentar