Senin, 16 November 2015
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping (Peta Pikiran) pada Pelajaran PKn Siswa Kelas XI TKR
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa kelas XI SMK T&I Kristen Salatiga pada mata pelajaran
PKn. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan pembelajaran yang
dilakukan oleh guru kurang menarik bagi siswa. Dalam pembelajaran guru
hanya menggunakan metode ceramah dan proses pembelajaran yang
berlangsung di kelas hanya diarahkan pada kemampuan siswa untuk
menghafal informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang
diperoleh. Dalam hal ini guru yang mendominasi kegiatan pembelajaran
sedangkan siswanya pasif hanya duduk, diam dan mendengarkan penjelasan
guru, sehingga siswa merasa jenuh dan bosan yang pada akhirnya tidak
memperhatikan penjelasan guru serta siswa tidak dapat menjawab
pertanyaan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping (Peta
Pikiran) pada siswa kelas XI SMK T&I Kristen Salatiga Semester II
Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus. Teknik mengumpulan
data menggunakan tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas XI TKR SMK T&I Kristen Salatiga yang berjumlah 34 siswa
laki-laki. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 80% tuntas
dan nilai rata-rata kelas lebih besar dari KKM yang telah ditentukan
oleh sekolah yaitu 72. Hasil penelitian menunjukan pada prasiklus hanya
20 (58,82%) siswa dari 34 siswa yang tuntas. Rata rata nilai yang
diperoleh siswa yaitu 68,58 dari nilai KKM 72. Pada siklus I dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping (Peta
Pikiran) terjadi peningkatan sebanyak 26 siswa (76,4%) yang mendapatkan
nilai diatas KKM 72 dan 8 siswa (23,5%) mendapat nilai dibawah KKM 72.
Nilai rata-rata siswa 70,5, dan pada siklus II menunjukan (91,1%) atau
31 siswa mendapat nilai diatas KKM 72 dan 8,9% atau 3 siswa mendapat
nilai dibawah KKM 72 dan nilai rata-rata siswa 76. Menunjukan bahwa
penelitian telah berhasil, dibuktikan dengan indikator pencapaian yang
diharapkan oleh peneliti yaitu sebanyak 80% siswa tuntas dan rata-rata
kelas lebih besar dari KKM 72. Disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) dapat meningkatkan hasil
belajar PKn
0 komentar:
Posting Komentar