Senin, 16 November 2015
Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 5 SDN
Latar belakang penelitian ini adalah perolehan ketuntasan siswa
hanya 33 % yang masih jauh dari KKM yang telah ditetapkan. Padahal
KKM dari materi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri dengan
Lingkungannya adalah 72.Menurut hasil pengamatan peneliti, rendahnya
kemampuan itu di sebabkan oleh beberapa faktor, yaitu : (1)
pembelajaran masih didominasi oleh siswa yang pandai, (2) aktifitas
siswa dalam pembelajaran masih kurang, (3) belum maksimalnya
penerapan model pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah
meningkatkan hasil belajar IPA tentang Cara Makhluk Hidup
Menyesuaikan Diri dengan Lingkungannya melalui model Contextual
Teaching and Learning dengan kelompok belajar yang heterogin.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus dan
tiap-tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan
tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi
hasil pengamatan. Selain hasil pengamatan data yang diperoleh juga
berasal dari nilai hasil tes pada kondisi pra siklus, siklus 1,
dan siklus 2. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis
deskripsi komparatif yaitu membandingkan ketuntasan kondisi pra
siklus ( tuntas 33 %), siklus 1 ( tuntas 61 % ), siklus 2 ( tuntas 83 %
)Berdasarkan tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Model
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan kelompok
belajar yang heterogen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa
kelas 5 SDN Klakahkasihan 01 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati.Hasil
observasi dari yang dilakukan teman sejawat menunjukkan penerapan
model Contextual Teaching and Learning meningkatkan aktifitas siswa
dalam mengikuti pembelajaran. Kenyataan ini dibuktikan dengan
rata-rata hasil tes yang meningkat.Implikasi dari penggunaan model
Contextual Teaching and Learning aktifitas siswa dan hasil belajar
IPA siswa kelas 5 meningkat. Oleh karena itu model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning dengan kelompok belajar yang
heterogin dapat digunakan guru dalam pembelajaran.
Label:
PTK IPA SD
0 komentar:
Posting Komentar