Senin, 16 November 2015
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP
Latar belakang penelitian ini adalah (1) hasil belajar matematika siswa
kelas VII rendah, (2) proses belajar mengajar tidak menggunakan model
pembelajaran. Memecahkan permasalahan tersebut maka peneliti menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang
digunakan adalah model kemis dengan dilakukan dalam 2 siklus
masing-masing 3 pertemuan dari 3 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan
dan observasi, refleksi. Variabel penelitian ini adalah model
pembelajaran kooperatif tipe IOC (variabel bebas), hasil belajar
matematika(variabel terikat). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII
SMP N 1 Bringin sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes
dan non tes (observasi). Instrumen yang digunakan adalah observasi dan
tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kompratif yaitu
hasil tes antara siklus meliputi perbandingan prasiklus, siklus 1 dan
siklus 2. Hasil penelitian menujukan bahwa penerapan model kooperatif
tipe IOC dapat meningkatkan hasil belajar matematika yaitu ditunjukan
dari ketuntasan 53% meningkat pada siklus 1 menjadi 75% dan pada siklus 2
meningkat lagi menjadi 91%. Hasil ini terjadi karena proses
pembelajaran lebih aktif dan dapat percaya diri mengungkapkan
pendapatnya sendiri.
0 komentar:
Posting Komentar