Senin, 16 November 2015
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA bagi Siswa Kelas IV SDN
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa
kelas IV SDN Pati Lor 05 pada mata pelajaran IPA pada kompetensi
dasar mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda menunjukkan hasil
yang kurang optimal. Dari 29 siswa yang mencapai nilai ketuntasan
minimal (KKM= 80) baru 13 siswa atau sebesar 44,83% sedangkan siswa
yang belum mencapai nilai ketuntasan berjumlah 16 siswa atau sebesar
55,17%. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk menjawab
permasalahan di atas adalah dengan penerapan model pembelajaran
kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam
pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement
Divisions) pada siswa kelas IV SDN Pati Lor 05 Semester I Tahun
Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN Pati Lor 05
sebanyak 29 siswa. Rencana tindakan yang penulis rencanakan untuk
mengatasi masalah ketidaktuntasan nilai siswa pada mata pelajaran IPA
adalah dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan dua siklus,
yaitu: siklus Idan siklus II. Hasil analisis data penelitian
menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA dengan menerapkan
model kooperatif STAD (Student Team Achievement Divisions). Hal ini
terlihat pada peningkatan: (1) ketuntasan belajar;pra siklus sebesar
44,83%, siklus I sebesar 72,41 %, dan siklus II sebesar 89,66%. (2)
Rata-rata kelas;pra siklus sebesar 70,52,siklus I sebesar 79,31, dan
siklus II sebesar 89,66. (3) Skor minimal; pra siklus 40, siklus I
50, dan siklus II 60. (4) skor maksimal;pra siklus 90, siklus I 100,
dan siklus II 100. (4) Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami
peningkatan. Siswa akan menjadi lebih aktif, inisiatif, kosentrasi serta
menumbuhkan kerjasama antar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Team
Achievement Divisions) dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada
siswa kelas IV SDN
Label:
PTK IPA SD
0 komentar:
Posting Komentar