Salah satu permasalahan yang menyangkut pengelolaan proses belajar mengajar mata pelajaran matematika di SD adalah kurangnya pengetahuan bagi guru SD, serta terbatasnya dana dan sarana tentang bagaimana cara membuat dan menggunakan media/alat peraga dalam pembelajaran matematika. Di sisi lain pentingnya media/alat peraga dalam pembelajaran matematika telah diakui oleh semua jajaran pengelola pendidikan dan para ahli pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah pembelajaran penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SDN Krembung I semester I dengan menggunakan media lidi. Adapun model yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah berikut: Pertama, kegiatan awal meliputi: (a) Penjelasan tentang tujuan pembelajaran, (b) Pemberian motivasi pembelajaran, (c) Apersepsi; Kedua, Kegiatan Inti, memuat: (a)Pembentukan kelompok, (b) Pemberian media lidi, (c) Penjelasan singkat tentang cara penggunaan alat, (d) Unjuk kerja, (e) Bermain adu cepat. Ketiga, Kegiatan Akhir, memuat: (a) Pembahasan hasil, (b) Pengecekan keterampilan melalui tanya jawab, (c) Evaluasi, dan (d) Pemberian tindak lanjut berupa pekerjaan rumah. Tujuan pembelajaran dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan media lidi dapat meningkatkan keterampilan siswa menjumlah bilangan bulat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV SDN Krembung I Kabupaten Sidoarjo semester I tahun pelajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan data tentang keterampilan siswa menggunakan media pada penjumlahan bilangan bulat, dilakukan melalui tes lesan pada awal pelajaran, observasi, evaluasi proses pada waktu siswa memperagakan media dan evaluasi tertulis pada akhir pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar